Ide merupakan sesuatu yang sangat penting bagi sebuah kesuksesan. Tanpa ide tentu suatu hal tidak akan pernah berkembang. Bahkan masalah kecil pun tidak akan terpecahkan. Tapi kadang-kadang kita sangat sulit untuk menemukan suatu ide ketika kita membutuhkannya.  Nah, untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa tips/cara menguras ide agar kreatifitas kita semakin meningkat.

Tulisan ini merupakan bagian dari materi kreatifitas yang di ajarkan oleh dosen saya di Angkasa Institute. Jadi tips yang akan disampaikan berikut merupakan cara untuk menjadi orang yang kreatif. Berikut tips/cara menguras ide.

1. Berburu Solusi

Maksud dari berburu solusi pada konteks di atas adalah ketika kita melihat sesuatu yang menurut kita sangat bermasalah di sekitar kita, maka kita selalu berpikir bagaimana cara untuk menemukan solusinya. Pada tips ini kita diajarkan bagaimana untuk selalu peka terhadap permasalahan yang terjadi di sekitar lingkungan kita.

Misalkan, kebanyakan orang tentu sering naik angkutan umum dan mengalami kemacetan yang parah. Tapi kebanyakan orang juga hanya bisa mengomel yang tidak mendatangkan manfaat sedikit pun. Dengan tips ini, kita dilatih bagaimana berburu solusi untuk membantu memecahkan permasalahan kemacetan tersebut dengan mencari solusi-solusi yang aplikatif. Jadi bukan hanya berburu solusi KETIKA KITA DALAM MASALAH kemudian kita mencari solusinya. Kasusnya pun bisa berkembang lebih luas bukan hanya permasalahan angkutan umum dan kemacetan tapi juga bisa mengenai sampah, pengangguran, pendidikan, kekerasan, pornografi dan lain sebagainya. Pokoknya yang ada disekeliling kita.

2. Membalikan Cara Pandang

Nah inilah tips yang menurut saya sedikit extrem. Kenapa extreme? Karena menurut saya tips ini jika diterapkan akan membawa dampak yang luar biasa, baik pada si pencari ide ataupun pada solusi permaslahan. Salah satu dampaknya adalah kita akan terlihat kreatif dan sangat terlihat beda dari kebanyakan orang.

Contoh kasus. Seorang ahli riset ternama Abraham Wald. Ia pernah diundang angkatan perang Amerika dan beberapa peneliti lainnya untuk membuat strategi perlindungan terhadap pesawat tempur. Dimintalah para ahli untuk membuat peta bekas-bekas peluru yang mengenai pesawat-pesawat yang dapat kembali ke pangkalan. Akhirnya peneliti tersebut meneliti pesawat-pesawat yang berada dipangkalan. Dan didapatlah bagian-bagian yang sering diterjang peluru adalah pada sayap pesawat.

Kemudian para ahli berpendapat bagian sayap itulah yg harus dilindungi dengan mempertebal besi sayap tersebut. Tapi diluar dugaan Wald tidak setuju dengan kebanyakan para ahli yang diundang tersebut. Menurut Wald, ini adalah kesalahan melihat data. Mengapa? Karena pesawat yang terkena peluru di bagian kokpit dan tangki bensin tidak pernah kembali ke pangkalan, mereka jatuh dan langsung hancur. Jadi, bagian yang seharusnya dilindungi adalah pada bagian kokpit dan tangki. Peneliti yang lain hanya melihat solusi pada yang berada di hadapannya. Sedangkan Wald berpikir terbalik dan inilah yang terbaik karena dengan melindungi bagian kokpit dan tangki bensin, pesawat yang dapat kembali ke pangkalan dan pasukan yang selamat lebih banyak. Inilah kehebatan menguras ide dengan membalikan cara pandang. Sangat berbeda dari kebanyakan orang dan membuat kita lebih terlihat ….wah kerennn.

3. Menggebrak Perubahan

Inilah tips terakhir cara menguras ide. Pada tips ini kita di arahkan bagaimana pandangan kita untuk selalu menjadi langkah untuk melakukan perubahan. Ide kita dituntut untuk selalu mengebrak perubahan bagi sekeliling kita, baik lingkungan, organisasi, aturan, pandangan, dan kebiasaan masyarakat kita ke arah yang lebih baik. Dengan tips ini langkah menujut kreatifitas akan semakin dekat. Dan citra “pembaharu” lambat laun akan disandangkan pada diri Anda.

Jika tip-tip tersebut sudah menjadi kebiasan Anda maka siap-siaplah Anda dikagumi banyak orang.