Materi Jalan Menuju Kreatifitas ini merupakan lanjutan dari materi kreatifitas yang sebelumnya saya tulis, yaitu tips menguras ide. Artikel ini merupakan satu kesatuan dengan materi tersebut yang masih menyatu pada materi kreatifitas yang diajarkan di tempat kuliahan saya. Pada materi ini kita diajarkan bagaimana kreatifitas dalam diri kita dapat dibuka dan dimanfaatkan. Seperti yang dijelaskan oleh dosen saya yang friendly tersebut, bahwa setiap orang mempunyai kreatifitas tapi kebanyakan orang tidak bisa memaksimalkannya. untuk itu perlu dipelajari dan ditingkatkan agar nantinya berguna ketika kita membutuhkannya. tentu saja kreatifitas sangat perlu, baik ketika membuat acara, produk atau jasa. bahkan sekarang bisnis yang sangat pesat berkembang adalah bisnis yang berbasis kreatifitas, seperti event organizer dan sekolah berbasis alam dan bisnis. Oleh karena itu mempelajari langkah-langkah untuk memaksimalkan keatifitas sangat diperlukan. Dan langkah awal tentu dengan membuka kreatifitas tersebut. Berikut cara membuka kreatifitas: 

1. Pengetahuan

Yup, Knowladge is number one. tanpa pengetahuan kita pasti tidak tahu, ya iya atuh (sunda made on). oleh karena itu sangat penting untuk menambah pengetahuan agar kreatifitas kita semakin berkembang. dan banyak cara meningkatkan pengetahuan. diantaranya dengan membaca buku, ebook, majalah, koran, mendengarkan ceramah, pidato, film dan lain-lain. jadi tingkatkan pengetahuan mu agar membuka jalan menuju kreatifitas mu.

2. Penguasaan teknik

kemampuan teknik sangat mendukung untuk membuka kreatifitas. misalkan dengan menguasai photoshop dan coreldrew kita bisa membuat berbagai gambar design yang menarik dan berbeda dari yang lain. untuk itulah pengusaan teknik sangat diperlukan untuk meningkatkan kreatifitas. dengan menguasai kemampuan teknik ini apa yang kita pikirkan (ide) dapat direalisasikan dengan lebih mudah.

3. Pengalaman praktis

pengalaman adalah guru yang paling berharga. saya rasa wid tersebut cocok untuk menggambarkan point ketiga pada tulisan kali ini. dengan pengalaman, tentu kita mengetahui jalan untuk lebih kreatif. kita mengetahui bagaimana suatu hal dapat lebih ditingkatkan nilainya dan berbeda dari yang lain.

4. Motivasi

seseorang melakukan sesuatu pasti dengan motivasi. apalagi untuk menjadi orang kreatif tentu harus ada motivasi. untuk itu rangsangan dalam bentuk tulisan, gambar, pendengaran dan aksi sangat diperlukan untuk memotivasi diri kita untuk melakukan sesuatu yang kreatif dan inovatif.

5. Membangun Kebiasaan-Kebiasaan Positif

kebiasaan positif yang dimaksud pada point lima ini adalah kebiasan positif yang merangsang cara berpikir atau tindakan kreatif. misalkan kita setiap malam membiasakan untuk menjadwalkan setiap kegiatan yang akan dikerjakan esok hari. dengan kebiasaan tersebut cara berpikir kita akan lebih tertuju untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan berusaha untuk lebih baik lagi dari hari sebelumnya. dan masih banyak kebiasan lain yang dapat kita terapkan.

demikian point-pint yang dapat membuka kreatifitas yang ada dalam diri kita. dengan kita menjadi orang kreatif maka segala hal yang ada disekeliling kita dapat kita manfaatkan sehingga menjadi lebih bermanfaat, lebih bernilai dan lebih berdaya guna bagi masyarakat banyak.

Advertisements